Ads 468x60px

Saturday, August 25, 2007

support,resistance

support adalah kelompok harga-harga terendah yang terjadi di waktu yang lalu, kelompok ini kemudian menjadi kekuatan harga atau support level....apabila support level ini tembus maka harga akan cenderung menurun lebih dalam, kegunaan dalam analisa biasanya trader menggunakan level2 tersebut untuk memantau pola pergerakan harga, biasanya apabila support kuat tembus dianjurkan untuk open sell sebaliknya jika tidak tembus dianjurkan open buy
resistant adalah kebalikan dari pada support, kelompok harga2 tertinggi diwaktu yang lalu dan terdapat levelnya juga

support and resistance dikenal juga sebagai titik2 psikologi pasar.
hal ini disebabkan karena para pelaku pasar adalah manusia yang memiliki dasar pemikiran maupun emosi/ perasaan, jadi walaupun didasari atas analisa dan riil fundamental tetap saja keputusan terakhir adalah di para pelaku pasar.
cara menggambarnya adalah dengan menghubungkan titik2 tersebut yang terjadi, semakin sering terjadi pada titik tersebut semakin kuat support/ resistence tersebut

Mestinya untuk major support dan resistennya ya ngga berbeda yach (dalam arti mungkin 1-5 pips bedanya) karena TF kan cuman kumpulan harga yg diakumulasi dengan besaran waktu ... tapi kadang bisa kita liat adanya minor2 support dan resistence ... ngga masalah yang penting cara pakenya sama.
Supaya lebih jelas silahkan di zoom out sehingga lebih banyak bar nya jadi semakin banyak terjadi pada titik itu ya lebih valid.
Silahkan di pakai TF besar dahulu misalnya daily/ weekly supaya ada gambaran juga atas gerakan pasarnya walaupun kita mau main di TF kecil spt 15M/3

Setahu saya ada 2 cara, pake rumus atau langsung lihat chart. Klo yg pake rumus sebagian ada di http://www.pivotpointcalculator.com, tinggal masukin angka2nya aja. Klo yg lihat chart, kan kelihatan tuh titik2 mana aja yg susah ditembus sama price, itu bisa dijadikan titik support/resistant. Mungkin ada yg lain, bos Aaron lebih tau.

Support itu dimana harga jenuh sehingga Harga sulit utk menembus ke bawah sehingga terjadi pantulan, sedang
Resistance itu dimana harga jenuh sehingga Harga sulit utk menembus ke keatas sehingga terjadi pantulan
dimisalkan harga bisa menembus baik Support atau Resistance ada kecenderungan Harga akan menembus Resistance dan Support berikutnya. Utk perhitungannya pun beda lagi dengan Support dan Resistance Level 1.
Untuk Entry Point ya tergantung analisa anda! Utk para Swing Trader biasanya open ketika harga diarea Support/Resistance utk mengambil titik Baliknya.

0 comments: